Jenis-Jenis Hamster

Bookmark and Share
Berikut ini adalah beberapa jenis hamster yang sering kita temui, baik di petshop, toko hewan atau dari orang-orang di sekitar kita...



ditemukan pertama kali pada thn 1905 oleh thomas campbell.hamster ini berasal dari asia tengah,terutama banyak ditemukan di daerah mongol dan timur laut cina.
- umur 1,5 – 2 thn,bila dirawat dgn baik.
- panjang 9 – 12 cm,bila sudah dewasa.
- macam2 hamster campbell :
(albino,panda,black bear,argente,opal,blue dll)
- masa kehamilan hamster campbell 18 – 21 hari.


Hamster Campbell adalah hamster mini yang memiliki paling banyak variasi warna dan tipe bulu. Hamster ini termasuk dalam kelas hamster mini dengan ukuran dewasanya 9 - 12 cm. Karakter yang menonjol dari hamster ini adalah sifatnya yang lebih 'berani' dibanding hamster jenis lain.

Untuk saat ini hamster campbell masih menyandang sebutan sebagai "hamster galak" karena tidak jarang menggigit tangan kita. Tapi saya sendiri yakin kalau ini hanyalah akibat dari perlakuan yang salah dari para peternak dipadu dengan sifat 'berani' dari hamster campbell sehingga jika merasa terancam hamster campbell memiliki kecenderungan untuk menggigit.

Tapi pengalaman pribadi saya menyatakan bahwa dengan perlakuan yang lembut dan usaha untuk menanamkan kembali kepercayaan, hamster campbell ini bisa menjadi sangat jinak dan teman yang sangat menyenangkan. Karenanya hamster jenis ini menjadi hamster favorit pilihan saya! Dan untuk membalikkan mitos "hamster galak" dulu saya memiliki ratusan hamster jenis ini yang semuanya tidak pernah menggigit. Jadi galak atau tidaknya hamster berada di tangan Anda sebagai pemiliknya.

Kelebihan Hamster Campbell. Hamster ini memiliki banyak variasi warna dan tipe bulu sehingga Anda memiliki banyak pilihan. Hamster ini termasuk pandai untuk ukuran seekor hamster dan ada sedikit tantangan bagi Anda untuk menjinakkan hamster-hamster Campbell yang selama ini dikenal galak.

Kekurangan Hamster Campbell. Karena banyaknya hamster campbell yang "salah asuh" dan menjadi galak, tentu saja hamster ini tidak cocok bagi anak kecil dan orang yang tidak rela mendapat satu atau dua gigitan. Hamster ini sering diternakkan secara massal sehingga kualitasnya banyak yang menurun, sama seperti hamster Syrian.


ditemukan pertama kali dijadikan sebagai bahan tulisan pada thn 1770.nama winter white yg diberikan pada hamster ini didasarkan oleh perubahan warna bulu bila terjadi perubahan suhu.pada musim dingin,bulu hamster ini akan berubah menjadi putih dan kembali ke warna asal pada musim panas.
hamster winter white berasal dari bagian timur kazakhastan dan tenggara siberia. Saya punya sepasang hamster winter white di rumah. Wich seneng banget pas dapet ne hamster dari seorang kenalan di sebuah forum pecinta hamster. Hamster ini mudah untuk dijinakkan karena sifatnya yang tak suka menggigit dan tidak agresif seperti campbell. Fisiknya hampir sama dengan campbell. Hamster ini cocok untuk pemula.
- umur 1,5 – 2 thn bila dirawat dgn baik.
- panjang 7 – 9 cm bila sudah dewasa.
- macam2 hamster winter white :
(normal,safir,pearl,golden)

Hamster Winter White memiliki penampilan yang mirip dengan hamster campbell, tapi ada beberapa perbedaan ciri fisik. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat di link Jenis Jenis Hamster.

Hamster winter white dewasa sedikit lebih kecil dibanding hamster campbell, yaitu berukuran 7 - 9 cm. Umumnya memiliki 3 jenis variasi warna : Normal, Sapphire, dan Pearl.

Karakter hamster ini tenang, banyak juga yang penakut, dan kalau yang jinak biasanya senang memanjat ke tangan manusia. Banyak yang menyukai jenis ini dibanding hamster mini yang lain karena sifat manjanya ini.

Kelebihan Hamster Winter White. Persentase hamster winter white yang jinak lebih banyak dibanding jenis hamster mini yang lain. Hamster jenis ini bisa berubah warna menjadi putih jika ditempatkan di ruangan yang dingin dan kembali menjadi warna aslinya jika ditempatkan di ruangan yang bersuhu normal.

Kekurangan Hamster Winter White. Menurut pendapat saya sendiri hamster ini lebih malas dibanding hamster jenis lain, seperti lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur dibanding bermain. Hamster winter white juga ada yang galak dan menggigit, untuk kasus seperti ini biasanya hamster jenis ini menggigit dengan lebih keras dan sering tidak mau melepas gigitannya. Berbeda dengan hamster campbell yang biasa menggigit tapi kemudian langsung kabur.

ditemukan pertama kali pada thn 1930 oleh I.aharoni, seorang profesor zoologi universitas habrew, yerusalem.hamster ini pertama kali ditemukan dalam sebuah lubang sepanjang delapan kaki di daerah padang pasir aleppo,siria.oleh sebab itu hamster ini dikenal dgn nama hamster siria (syrian hamster).
- umur 2 – 2,5 thn,bila dirawat dengan baik.
- panjang 15 – 20 cm bila sudah dewasa.
- macam2 hamster siria : (short hair,long hair,rex,satin).

Hamster Syrian ini di Indonesia memiliki berbagai sebutan 'aneh' sebagai hamster lokal, giant hamster dan hamster Australia.

Disebut sebagai hamster lokal karena asalnya dari Indonesia tapi katanya sih karena diternakkan di Indonesia (padahal hamster jenis lain juga semua diternakkan di Indonesia). Jadi tidak mengacu pada mahal atau murahnya hamster itu sendiri.

Disebut giant hamster karena memang ukuran badannya paling besar di antara jenis hamster lainnya yang ada di Indonesia. (Ukuran hamster Syrian dewasa mencapai 12 - 17 cm). Kenyataannya di dunia ada jenis hamster yang lebih besar, bahkan ada yang menyandang nama resmi sebagai Giant Hamster, tapi hamster jenis ini liar dan tidak dipelihara manusia. Ada beberapa praktek penipuan yang memasang harga lebih tinggi untuk hamster syrian yang diberi label 'giant hamster' dengan alasan badannya lebih besar. Jangan tertipu! Ini hanya hamster syrian dengan usia yang lebih tua! Ingat Giant Hamster yang asli tidak pernah dipelihara manusia dan tidak diperjualbelikan di manapun.

Hamster Australia adalah nama yang diciptakan para penjual yang tidak tahu-menahu soal hamster. Di Australia sendiri hamster adalah hewan yang dilarang keberadaannya karena dianggap sebagai ancaman hama. Anda tidak akan menemukan hamster di Australia! Ketika Anda melihat label hamster Australia yakinlah bahwa itu adalah hamster syrian.

Kelebihan Hamster Syrian. Hamster ini besar dan gerakannya relatif lambat dibanding jenis yang lain sehingga sangat cocok bagi anak-anak. Mudah dipegang dan mudah dijinakkan. Hamster Syrian juga memiliki banyak variasi warna, mulai dari yang polos sampai yang memiliki berbagai corak. Kelebihan lainnya adalah hamster Syrian adalah satu-satunya jenis hamster yang memiliki jenis bulu panjang (long hair). Hamster Syrian bersifat soliter (penyendiri), jadi bagi orang yang hanya ingin memelihara satu ekor hamster saja, dapat memelihara Syrian tanpa takut merasa hamster itu akan kesepian tanpa teman hamster lainnya.

Kekurangan Hamster Syrian. Hamster ini kurang populer lagi sekarang di Indonesia, walaupun di luar negeri hamster jenis ini masih sangat populer karena sebagian besar show hamster adalah untuk memperlombakan jenis ini. Kekurangan lainnya adalah pengeluaran uang yang lebih besar untuk makanan, kandang dan serbuk kayu, tentu saja karena ukuran tubuh yang besar memerlukan segala sesuatunya dalam jumlah yang lebih banyak. Selain itu hamster Syrian yang kita temui di Indonesia saat ini sudah banyak mengalami penurunan kualitas akibat diternakkan secara massal tanpa memperhatikan masalah gizinya.


hamster ini berasal dari mongol bagian barat dan timur serta sebelah utara cina.roborovski hidup di dalam lubang sedalam 50 – 150 cm.
- umur 3,5 – 4 thn bila dirawat dgn baik.
- panjang 4 – 5 cm bila sudah dewasa.
- macam2 hamster roborovski : (normal,white face).

Hamster paling kecil diantara semuanya. Hamster dewasanya hanya berukuran sekitar 5 cm. Hamster ini memiliki gerakan yang paling lincah, suka berlari dan melompat. Cenderung lebih takut pada manusia dibanding yang lain.

Hamster roborovski hanya memiliki 2 variasi, yaitu : normal dan white face (muka putih) dengan warna bulu kurang lebih sama yaitu punggung kekuningan dengan perut putih.

Kelebihan Hamster Roborovski. Salah satu hamster yang paling digemari juga karena ukurannya yang paling kecil dan mukanya yang paling berbeda dibanding hamster lain. Lincah dan suka bermain jadi terlihat lebih aktif.

Kekurangan Hamster Roborovski. Sulit dipegang karena biasanya mereka melompat jika berada di tangan manusia. Terlalu kecil untuk digenggam dengan nyaman. Sifatnya terlalu penakut. Hamster yang paling tidak cocok untuk anak-anak kecil yang baru mulai belajar memelihara binatang.


Yang dimaksud dengan hamster hybrid adalah hamster yang lahir dari hasil silangan hamster campbell dan hamster winter white. Hamster ini tidak boleh mengikut show dan biasanya hanya beredar di kalangan hobiist yang suka mengumpulkan jenis-jenis hamster.

Saat ini di Indonesia sendiri hamster hybrid dijual dengan harga mahal karena dianggap sulit dihasilkan, tapi ini hanya mitos. Asal Anda mengetahui induk dari hamster hybrid ini, Anda akan dapat menghasilkan hamster hybrid dengan mudah. Tapi hal ini sangat tidak dianjurkan karena dapat merusak genetika hamster yang bersangkutan, disamping resiko masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan.

Hamster Hybrid rata-rata mengambil bentuk seperti hamster winter white. Oleh karena itu banyak yang mengkategorikan hamster ini sebagai winter white. Jika Anda tidak berniat memiliki hamster hybrid, Anda harus berhati-hati ketika memilih hamster terutama untuk jenis winter white.

Kelebihan Hamster Hybrid. Sifatnya hampir sama seperti hamster winter white dan juga dapat berubah warna karena suhu dingin.

Kelemahan Hamster Hybrid. Dari beberapa catatan dinyatakan bahwa hamster hybrid lebih rawan terkena penyakit seperti tumor dan diabetes. Dan kelemahan lainnya pun sama seperti hamster winter white


hamster ini berasal dari daerah utara cina dan termasuk dalam kluarga hamster berekor panjang.
- umur 2 – 4 thn,bila dirawat dgn baik.
- panjang maksimal bisa mencapai 10 cm.
- macam2 hamster cina : (normal,putih,berbintik2).

mungkin ini adalah repost,..
tapi semoga bermanfaat.,.,

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }