ARMINACO, TUGAS TKJ HAL 90 LATIHAN BAB 4

Bookmark and Share
SOAL:

1. Bagaimana penanganan pengisolasian kerusakan pada jaringan dengan topologi star !
2. Pada saat isolasi permasalahan secara software, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan !
3. Jika suatu komputer terhubung dengan jaringan, hipotesis awal apa yang akan anda ajukan
dalam mendiagnosis masalah tersebut ?
4. Langkah apa yang harus anda lakukan jika menumui masalah kabel UTP tertekuk ?
5. Untuk menguji baik tidaknya suatu konektifitas jaringan, dapat dilihat pada NIC dan hub
switch.
bagianmanakah yang harus anda lihat pada kedua perangkat tersebut?

Jawaban :

1.


Penanganan Pengisolasian kerusakan pada Jaringan dengan topologi STAR lebih mudah karena apabila terjadi kerusakan pada salah satu computer workstation Maka hanya jaringan pada computer tersebut yang bermasalah sehingga pengisolasian lebih mudah dan penanganan perbaikan jaringan juga lebih cepat. Isolasi kerusakan terhadap system jaringan dengan topologi star adalah tidak berpengaruh, karena seluruh komputer tersambung secara paralel.Sehingga apabila terjadi kerusakan pada salah satu komputer maka hanya komputer tersebut yang bermasalah sedangkan komputer lainnya tetap dapat berfungsi.


2.

Penginstallan driver kartu jaringan dengan sempurna, karena kartu tersebut mengkomunikasikan kartu jaringan dengan komputer. Apabila pengistalan tidak sempurna maka komputer tidak akan mengenal kartu jaringan tersebut sehingga kartu jaringan tidak dapat digunakan.
Konfigurasi kartu jaringan karena setting kartu jaringan mengkomunikasikan komputer dengan jaringan yang telah ada.
IP Address dan Subnet mask adalah alamat komputer kita karena apabila kita mengisi alamat tersebut dengan asal maka kita tidak dapat masuk dalam sistem jaringan maka perlu mengetahui nomor IP dan Subnet mask yang digunakan dalam jaringan untuk dapat bergabung dalam jaringan tersebut.
3.
Harus melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah kerusakan benar-benar terjadi atau tidak.
4.
Segera luruskan kembali kabel tersebut dan test/uji koneksi dengan menggunakan kabel LAN Jika tidak berfungsi, ganti dengan yang baru dan siapkan kabel baru untuk kabel RJ 45 lalu ganti kabel yang tertekuk dengan kabel baru tadi


5.
Lihatlah pada lampu indilator di HUB/switch dan LAN card nya menyala atau tidak. Jika menyala berarti sudah terhubung dan berfungsi.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }